Rabu, 07 November 2012

Laporan Pelaksanaan Pemantapan kemampuan Profesional (PKP)

MENINGKATKAN MINAT & MOTIVASI BELAJAR
MELALUI PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING
DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
DI KELAS V MI DARUL HUDA
KOTA PROBOLINGGO

                                                                ABSTRAK

Muhamad Yusuf, ”Meningkatkan Minat & Motivasi Belajar melalui
Penerapan Cooperative Learning dalam Pembelajaran Matematika di Kelas
V MI Darul Huda Kota Probolinggo “

Kata kunci : Minat & Motivasi Belajar, Cooperative Learning

Kemampuan matematika adalah kemampuan bagi kehidupan
sehari-hari, oleh sebab itu seyogyanya setiap manusia memiliki
kemampuan matematika. Stigma bahwa matematika pelajaran yang sulit
menyebabkan motivasi belajar rendah, akibatnya kemampuan matematika siswa
tidak seperti yang diharapkan. Rendahnya motivasi belajar metematika
menyebabkan siswa menghindar dari proses penyelesaian masalah matematika,
akibatnya kemampuan menyelesaikan masalah matematika tidak terlatih
dengan baik. Untuk meningkatkan kemampuan matematika perlu motivasi
belajar yang kuat dan untuk memotivasi siswa perlu diterapkan pendekatan yang
menimbulkan kesan bahwa matematika tidak sesulit yang diduga. Lingkungan
keseharian adalah sumber belajar yang kaya dan murah. Menghadirkan
matematika dalam format keseharian yang dekat dengan kehidupan siswa ternyata
menyadarkan siswa bahwa matematika memang rumit, tetapi tetap dapat
diselesaikan dengan baik. Pembelajaran Kooperatif merupakan upaya yang
dilakukan oleh seorang pendidik untuk membelajarkan peserta didik melalui
jalinan kerjasama/gotong royong antar berbagai komponen, baik kerja sama antar
sesama peserta didik (belajar secara berkelompok di kelas), kerjasama dengan
pihak sekolah (tenaga kependidikan yang di sekolah/madrasah), kerjasama dengan
keluarga dan kerjasama dengan masyarakat lainnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mencari suatu strategi pembelajaran yang
efektif dan efisien dalam mengajarkan materi Operasi Hitung Pecahan bagi siswa
MI Darul Huda dengan cara mengaktifkan siswa pada pembelajaran. Strategi
dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 siklus dan pada setiap
8
siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sedang
untuk mengaktifkan siswa dalam penelitian ini, peneliti menggunakan lembar
kerja yang diberikan kepada siswa dalam kelompok besar dan kelompok kecil.
Yang menjadi subjek pada penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V MI
Darul Huda Kelurahan Kedung Asem Kecamatan Wonoasih sedang objeknya
adalah pembelajaran materi Operasi Hitung Pecahan pada mata pelajaran
Matematika yang diajarkan dengan cara mengaktifkan siswa dalam kelompok
kecil dan kelompok besar.
Keterlibatan siswa dalam menemukan dan menyelesaikan masalah
telah meningkatkan motivasi belajar. Kelas merupakan laboratorium
pembelajaran yang sebenarnya, maka penelitian mengenai pembelajaran
yang paling otentik adalah penelitian yang dilakukan di kelas. Salah satu
penelitian tersebut adalah Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian tindakan
kelas di kelas V MI Darul Huda Kelurahan KedungAsem Kecamatan Wonoasih
Kota Probolinggo, menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam
pemecahan masalah matematika.
Dari penelitian yang diadakan dengan meneliti kondisi awal siswa yang
diukur dengan alat tes tertulis dan hasil penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus
terlihat adanya peningkatan hasil yang dicapai siswa dalam menguasai materi
Operasi Hitung Pecahan yang diberikan. Peningkatan penguasaan materi ini mulai
dari siklus I siswa dapat meningkat sebesar 25 % dari kondisi awal sedangkan
dari kondisi di siklus I setelah dilakukan tindakan pada siklus II meningkat sebear
33 %.
Dari Hasil penelitian tindakan kelas ini maka peneliti merekomendasikan pada
pelaksana pembelajaran dalam hal ini yaitu pengajar untuk mengajarkan materi
pembelajaran dalam kelompok kecil dan dengan tehnik mengaktifkan siswa .


Selengkapnya silahkan klik di sini : DOWNLOAD




Related Posts :



Read more at http://yus2812.blogspot.com/2012/06/artikel-terkait-berdasarkan-label.html#XVmm5bGXRQE2RXzt.99

Tidak ada komentar:

Posting Komentar