Senin, 08 Oktober 2012

Laporan DDTK Pelaksanaan Lesson Study di Kantor Kementerian Agama Kota Probolinggo



BAB I
PENDAHULUAN
1.      Latar Belakang

Guru memegang peran sentral dalam proses pendidikan. Oleh karena itu pemberdayaan dan peningkatan mutu guru sangat diperlukan dalam peningkatan mutu pendidikan. Lahirnya Undang-undang (UU) No 14 Tahun2005 tentang Guru dan Dosen dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan merupakan salah satu upaya pemerintah meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Salah satu poin penting dari UU dan PP tersebut adalah penetapan guru sebagai pendidik profesional (Depdiknas, 2007: 1). Undang-undang Guru dan Dosen tersebut mengamanatkan bahwa guru sebagai pendidik profesional dipersyaratkan memiliki beberapa kompetensi antara lain kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial. Pemenuhan persyaratan penguasaan kompetensi tersebut harus dibuktikan dengan sertifikat pendidik. Oleh karena itu pemerintah melakukan program Sertifikasi Guru dalam Jabatan sebagai upaya pemenuhan persyaratan tersebut. Sertifikasi guru sebagai upaya peningkatan mutu guru diharapkan dapat meningkatkan mutu pembelajaran dan mutu pendidikan secara berkelanjutan. Pelaksanaan Sertifikasi Guru dalam Jabatan dilakukan melalui uji kompetensi untuk memperoleh sertifikat pendidik. Uji kompetensi tersebut salah satunya dilakukan dengan penilaian portofolio yang merupakan pengakuan atas pengalaman profesional guru dalam bentuk penilaian terhadap kumpulan dokumen yang mencerminkan kompetensi guru. Selain melalui penilaian portofolio pelaksanaan Sertifikasi Guru juga dilakukan melalui jalur pendidikan. Salah satu program yang wajib ditempuh oleh para peserta Sertifikasi Guru dalam Jabatan melalui Jalur Pendidikan adalah kegiatan Pemantapan Kemampuan Mengajar (LS).

2.   Tujuan Lesson Study
Melalui kegiatan LS, guru peserta diharapkan mampu untuk:
a.       Melakukan pemantapan kemampuan profesional guru
b.      Melakukan pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik dalam mengembangkan potensinya.
c.       Mendalami karakteristik dari peserta didik dalam rangka memotivasi belajarnya

                                       selengkapnya klik di samping ini : DOWNLOAD







Related Posts :



Read more at http://yus2812.blogspot.com/2012/06/artikel-terkait-berdasarkan-label.html#XVmm5bGXRQE2RXzt.99

Tidak ada komentar:

Posting Komentar